Struktur teks laporan percobaan yang membahas langkah atau prosedur kerja dalam pengumpulan data percobaan adalah

Struktur teks laporan percobaan yang membahas langkah atau prosedur kerja dalam pengumpulan data percobaan adalah

Jawaban

Teks Laporan Percobaan adalah suatu teks yang berisi mengenai penyampaian hal – hal berupa paparan, tujuan, proses, dan hasil terkait percobaan yang dilakukan oleh penulis atau peneliti.  Didalam sebuah teks, tentu memiliki strukturnya tersendiri termasuk teks laporan percobaan. Berikut strukturnya :

  • Tujuan => Untuk apa teks percobaan tersebut atau praktikum tersebut dilakukan.
  • Alat dan Bahan => Berisi alat & bahan yang akan digunakan dalam percobaan.
  • Cara kerja => Berisi prosedur kerja dari awal sampai akhir dan harus sistematis (berurutan), agar pembaca dapat memahami laporan percobaan yang kita buat/sampaikan.
  • Hasil percobaan => Hasil percobaan, apakah berhasil atau tidak dalam percobaan tersebut juga berisi data dan bukti dari yang dibahas dari percobaan.
  • Kesimpulan => Akhir dari struktur yang berisi pendapat atau inti akhir yang diperoleh dari data, fakta, dan hasil dari proses percobaan yang telah dilakukan.

Pembahasan

Teks laporan merupakan sebuah teks yang memberikan pemaparan tentang sesuatu mengenai hal, benda, tempat, maupun peristiwa.

Teks laporan terdapat beberapa jenis, umumnya dibagi berdasarkan jenis obyek yang dilaporkan mulai dari percobaan, kegiatan, observasi, wawancara, dan lain-lainnya. Isi dari teks laporan percobaan pasti dimulai dengan pembahasan tujuan percobaan. – Berisi pembahasan serta penjelasan prosedur atau proses percobaan hingga menjelaskan tentang hasil percobaan. – Lalu diakhiri dengan kesimpulan mengenai proses percobaan tersebut yang mengacu pada hasil analisis yang telah dilakukan. Hasil percobaan dalam teks laporan percobaan dapat dipaparkan dalam bentuk eksplanasi.