Apakah kaitan pelanggaran HAM dengan pengabaian kewajiban asasi manusia? ​

Apakah kaitan pelanggaran HAM dengan pengabaian kewajiban asasi manusia? ​

Jawaban

HAM adalah hak-hak dasar yang telah dibawa manusia sejak lahir sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Hak hak asasi tersebut menjadi dasar dari adanya hak dan kewajiban yang lain.Hak sendiri adalah bentuk kuasa untuk menerima. Sedangkan kewajiban adalah sebuah beban untuk memberikan sesuatu yang sudah semestinya diberikan oleh pihak tertentu dan dapat dituntut secara paksa. Pelanggaran HAM berkaitan dengan pengabaian kewajiban asasi manusia karena pelanggaran sama dengan pengabaian yang mempunyai arti tidak taat aturan.

Pembahasan

HAM atau Hak Asasi Manusia adalah hak dasar atau hak pokok yang dibawa oleh manusia sejak lahir dan menjadi kodrat yang sudah melekat pada setiap manusia serta tidak dapat diganggu gugat adanya, hal ini karena HAM merupakan anugerah dari Tuhan YME.

Berikut adalah beberapa Contoh hak asasi pribadi yaitu:

  • Hak kebebasan untuk dapat melakukan gerak, bepergian, dan berpindah-pindah tempat.
  • Hak kebebasan mengeluarkan atau menyatakan pendapat.
  • Hak kebebasan memilih dan aktif dalam suatu organisasi atau perkumpulan.

Sementara itu, kewajiban asasi dapat diartikan sebagai bentuk kewajiban dasar yang dimiliki oleh setiap orang. Sesuai dalam undang-undang tersebut, disebutkan bahwa kewajiban dasar manusia adalah seperangkat kewajiban yang apabila hak dilaksanakan, tidak memungkinkan terlaksana dan tegaknya hak asasi manusia.

Hak asasi manusia merupakan hak dan kebebasan yang bersifat fundamental bagi semua orang, yang mana tanpa memandang kebangsaan, jenis kelamin, suku, ras, agama, bahasa. Hak asasi manusia ini  mencakup beberapa hak misalnya hak sipil dan politik, seperti hak untuk hidup, kebebasan dan kebebasan berekspresi.