Contoh berpidato tentang menanam pohon?

Contoh berpidato tentang menanam pohon?

Jawaban

Pembukaan Pidato Tentang Menanam Pohon

Assalamualailum WR WB.

Yang terhormat bapak kepala sekolah, bapak ibu guru, para staf, tamu undangan dan juga orang tua wali murid serta teman-teman yang saya sayangi. Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmatnyalah kita dapat berkumpul dan berbahagia seperti sekarang ini. Shalawat serta salam marilah kita berikan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari jaman yang gelap ke jaman terang seperti ini.

Isi Pidato Tentang Menanam Pohon

Hadirin sekalian ada hal penting yang kita lupa. Apa itu ?? Hal penting itu adalah keberadaan sebuah pohon.

Pohon diciptakan oleh Allah SWT sebagai sumber oksigen bagi kita. Melalui daun-daunnya itulah keluar oksigen yang kemudian kita hirup dan oksigen mengalir di darah. Selanjutnya organ-organ kita dapat berfungsi dan kita bisa hidup. Begitu gambaran oksigen untuk kita.

Lebih besarnya lagi keberadaan pohon mampu menurunkan suhu bumi yang kian hari kian memanas. Es di kutup mencair, cuaca memanas dan bencana kekeringan ada disana sini. Untuk meredam itu semua kita bisa menanam pohon.

                           Pidato Tentang Menanam Pohon

Pohon yang ada di dalam kawasan hutan juga memberikan kontribusi nyata kepada kita. Pohon mampu menyimpan cadangan air di dalam tanah ketika hujan. Kemudian dialirkan di air dalam tanah dan air lur tanah. Dalam hal ini pohon memiliki peran sebagai penyimpan cadangan air melalui lahan hutannya.

Hadirin kita juga perlu menganalisa perbedaan adanya pohon dan tidak adanya pohon ketika dipinggir jalan. Terik matahari siang hari bisa teredam ketika ada pohon. Saat berhenti di lampu merah misal, jika tidak ada pohon panas akan semakin terasa. Sebaliknya jika ada pohon maka kita bisa menunggu lampu merah dengan sejuk.

Manfaat pohon lainnya sebenarnya masihlah banyak. Oleh sebab itu disini saya mengajak hadirin sekalian untuk menanam pohon. Entah itu dirumah, dikantor, disekolah, dikampus atau saat ada kegiatan penanaman pohon.

Yang kita tanam itu insyaallah menuai hasil.

Hadirin menamani pekarangan rumah kita dengan pohon akan banyak manfaatnya. Selain untuk kesejukan dan kerindangan, kita juga bisa menanam pohon buah yang kemudian bisa dipetik untuk dikonsumsi.

Pohon-pohon dengan teknik budidaya yang bagus mampu menghasilkan bibit unggul yang bisa direkomendasikan untuk tanaman pekarangan rumah. Saat ini jenis bibit itu sudah banyak tersedia di pasaran.

Penutup pidato tentang menanam pohon

Perlu saya sampaikan sekali lagi hadirin baha menanam pohon itu menguntungkan. Mari kita bersama-sama memulai hal baik ini. Untuk kita dan bumi kita. Dari pohon untuk kita dan dari kita menanam pohon.

Pembahasan

Pidato adalah suatu bentuk kegiatan yang dilakukan seseorang dengan tujuan menyampaikan informasi atau membahas sebuah permasalahan kepada orang banyak.

Ciri ciri pidato sendiri ialah:

  1. Apa yang disampaikan berisikan sebuah kebenaran dan fakta.
  2. Penyampaian informasi nya memiliki tujuan yang sangat jelas.
  3. Penyampaian informasi memakai artikulasi atau pengucapan kata demi kata yang jelas.
  4. Penyampaian informasi di buat secara menarik.
  5. Penyampaian pidato sendiri bersifat efektif.