Sejarah perkembangan Fiqih

Sejarah perkembangan Fiqih

Jawaban

Proses sejarah perkembangan ilmu fiqih melalui tahapan yang sangat panjang dan berurutan. Tahapan tersebut dibagi menjadi 4 tingkatan yaitu periode pertumbuhan, periode pembinaan, periode kebangkitan , dan periode kemunduran.

Maka jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan diatas adalah sejarah perkembangan fiqih dibagi menjadi 4 tingkatan yang berbeda yaitu periode pertumbuhan, periode pembinaan, periode kebangkitan dan periode kemunduran.

Pembahasan:

Sejarah perkembangan ilmu fiqih dimulai berkembang pada masa kepemimpinan Rasulallah saw, saat itu sudah berkembang tentang ilmu fiqih. Ilmu fiqih ini berkembang juga pada masa kepemimpinan khulafaur rosyidin seperti, Abu Aakar As-shidiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Tholib.

Sebagai sebuah kedisiplinan ilmu yang mandiri dalam sejarah perkembangan ilmu fiqih,proses pembentukan ilmu fiqih melalui tahapan yang sangat panjang dan berurutan. Tahapan tersebut dibagi menjadi 4 tingkatan yaitu: periode pertumbuhan, periode pembinaan, periode kebangkitan, dan periode kemunduran.

Periode pertumbuhan periode ini dimulai sejak kebangkitan Nabi Muhammad Saw sejak turunnya wahyu dari Allah SWT yang melalui perantara malaikat Jibril yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw dan berakhir pada saat Nabi Muhammad Saw wafat pada tahun 11 H. Sumber hukum islam berpedoman pada Al-Quran dan Al-HadistPengertian Fiqih pada masa itu identik dengan syarat, karena penentuan hukum terhadap suatu masalah seluruhnya berpulang kepada Rasullallah Saw.

Periode pembinaan periode ini dalam konteks yang ada sumbernya, fiqih memiliki dua unsur terpenting yaitu Al-quran dan al-hadist serta ijhtihad sebagai satu sumber pelengkap bagi sumber-sumber hukum yang ada.

Periode kebangkitan ini periode berlangsung pada pemerintahan Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah. Pada Periode kebangkitan ini ilmu fiqih telah mencapai kemajuan yang amat pesat dan banyak. Para ulama sangat tekun dan serius dalam melakukan ijtihad terhadap berbagai persoalan yang bada saat ini terutama tentang syara’ atau tentang hukum ilmu fiqih.

Periode kemunduran periode ini dimulai pada masa abad pertengahan 7H. Sampai munculnya majalah al-Ahkam al-Adhliyyah(Hukum perdata Kerajaan Turki Utsmani) pada tangal 26 syabaan 1293 M.