Nilai-nilai yang terkandung dalam cerita rakyat Sangkuriang

Nilai-nilai yang terkandung dalam cerita rakyat Sangkuriang

Jawaban

1. Nilai pendidikan = terlihat dari bagaimana cara seorang ibu mendidik anaknya agar tidak melanggar norma sosial yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Nilai ini terlihat dalam peristiwa ketika Sangkuriyang hendak menikahi ibu kandungnya sendiri.

2. Nilai moral = terlihat pada sikap Dayang Sumbi yang teguh ( konsisten ) dalam menepati janji yang telah diucap kan nya, yaitu bersedia menikah dengan siapa pun yang mengambil gulungan benang nya, yang ternyata adalah seekor an-jing. dari sini dapat di petik sebuah pelajaran bahwa betapa pun pahit akibat yang akan di tanggung nya, seseorang harus teguh menepati janji nya

3. Nilai agama = terlihat pada usaha Dayang Sumbi untuk menggagalkan keinginan Sangkuriang untuk menikahinya. Hal ini dikarenakan agama melarang seorang anak untuk menikah dengan ibu kandungnya sendiri dan beberapa orang yang menjadi mahramnya.

4. Nilai sosial = bahwa dikalangan masyarakat sunda (Jawa Barat), percintaan atau pernikahan antara ibu dengan anak ( incest ) merupakan perbuatan yang dilarang (haram), sebab, jika hal tersebut terjadi, maka nilai-nilai sosial yang ada dalam masyarakat akan hancur.

5. Nilai budaya = terlihat pada bahasa dan penggambaran pakaian yang digunakan. Yaitu masih menggunakan bahasa dan pakaian daerah yang artinya masih menjunjung tinggi nilai budaya dalam daerah tersebut.

Pembahasan 

  1. Cerita rakyat merupakan suatu cerita yang tumbuh dan berkembang dalam suatu daerah. Dalam beberapa daerah tertentu suatu cerita rakyat masih di lestarikan hingga saat ini. Contohnya yaitu dongeng, fabel, dan lain sebagainya.
  2. Bahasa yang digunakan dalam menulis cerita rakyat biasanya menggunakan bahasa daerah dan berdasarkan pola pikir masyarakat sekitarnya.
  3. Adapun beberapa ciri cerita rakyat, diantaranya yaitu tidak diketahui nama penulisnya, ceritanya beredar dari sistem turunan atau dari orang jaman dahulu, disampaikan secara turun temurun dan dari mulut ke mulut.

Check Also

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga Jawaban yang benar adalah 1.000 butir …