Pemanfaatan partikel nano pada nano teknologi didasarkan pada

Pemanfaatan partikel nano pada nano teknologi didasarkan pada

Jawaban yang tepat adalah kebutuhan pemanfaatan teknologi tinggi dari nanoteknologi. Nanoteknologi merupakan teknologi yang dapat menciptakan materi.

Pembahasan

Nanoteknologi merupakan ilmu dan rekayasa dalam penciptaan material, struktur fungsional, maupun piranti dalam sekala nanometer. Nanoteknologi merupakan ilmu atau teknologi yang mempelajari obyek yang ukurannya sangat kecil (sepersemiliar meter), kemudian dilakukan manipulasi-manipulasi untuk menghasilkan benda-benda baru yang menjadi karakter khusus seperti yang diinginkan. Tujuan penggunaan teknologi untuk memanipulasi atom dan molekul untuk membuat produk berskala makro. Deskripsi yang lebih umum adalah manipulasi materi dengan ukuran maksimum 100 nanometer.

Produk yang memanfaatkan nanoteknologi antara lain produk tersebut antara lain bioplastik nanoselulosa limbah pertanian, biodegradable foam (Biofoam), nanobiosilika cair, nanobiopestisida cair, nanocoating benih, dan nanohidrogel.

Nanoteknolgi ditemukan pada tahun 1974, Norio pada artikel ilmiahnya dengan judul ‘tentang Konsep Dasar Nanoteknologi’ disebut sebagai awal mula teknologi ini dikaji secara ilmiah. Nanoteknologi dilakukan dengan cara merekayasa susunan atom dari sebuah benda. Dengan mengubah struktur atom, maka karakter dan fungsi materi akan berubah. Kemudian bisa menghasilkan zat dengan fungsi dan karakter sesuai keinginan. Nanoteknologi semakin banyak diaplikasikan dalam berbagai bidang kehidupan manusia.

Check Also

Berikut ini yang termasuk benda kerajinan bangun ruang antara lain

Berikut ini yang termasuk benda kerajinan bangun ruang antara lain

Berikut ini yang termasuk benda kerajinan bangun ruang antara lain Jawabannya adalah vas bunga, lampu …