Dialog atau percakapan antartokoh dalam cerita fantasi menunjukkan unsur kebahasaan, yaitu​?

Dialog atau percakapan antartokoh dalam cerita fantasi menunjukkan unsur kebahasaan, yaitu​?

Jawaban

Dialog atau percakapan antartokoh dalam cerita fantasi ataupun drama menunjukkan unsur kebahasaan, yaitu​ penggunaan dialog atau percakapan yang biasanya ditandai dengan penggunaan tanda petik (”…”). Dialog berisi tentang pengungkapan pikiran-pikiran serta perasaan-perasaan para tokoh yang turut berperan.

Pembahasan

Drama adalah suatu suatu seni pertunjukkan yang didalamnya terdapat komposisi syair atau prosa yang menggambarkan keadaan atau kehidupan  dan watak seseorang melalui tingkah laku dan juga dialog. Drama juga merupakan sebuah pementasan yang ditonton atau disaksikan oleh banyak orang yang didalamnya terdapat sandiwara, lakon, sendratari ataupun yang lainnya. Unsur drama terdiri dari alur, penokohan, dialog, latar (waktu, tempat, suasana).

Dalam drama juga ada yang namanya struktur teks yaitu terdiri dari prolog, dialog, dan juga epilog. Prolog berupa bagian pembuka, kata kata latar belakang ataupun berisi pengantar yang biasanya disampaikan oleh narator atau tokoh tertentu. Dialog berisi percakapannya atau isi dari drama. Sedangkan epilog berisi kata kata penutup atau simpulan dan amanat dari keseluruhan dialog yang ada.

Check Also

Berikut ini yang termasuk benda kerajinan bangun ruang antara lain

Berikut ini yang termasuk benda kerajinan bangun ruang antara lain

Berikut ini yang termasuk benda kerajinan bangun ruang antara lain Jawabannya adalah vas bunga, lampu …