Sebutkan dan jelaskan bagian-bagian pembukaan pidato persuasif​

Sebutkan dan jelaskan bagian-bagian pembukaan pidato persuasif​

Jawaban

Struktur teks pidato persuasif ada 3, yaitu pembukaan, isi, dan penutup. Bagian-bagian pembukaan, di antaranya adalah salam pembuka, ucapan penghormatan, dan ucapan syukur.

  • Salam pembuka

Salam pembuka berisikan salam atau sapaan yang diperuntukkan untuk para hadirin. Contoh : “Selamat pagi saya sampaikan kepada Bapak/Ibu dan teman-teman sekalian…”.

  • Ucapan penghormatan

Ucapan penghormatan berisi kalimat penghormatan untuk penyelenggara acara. Contoh : Yang saya hormati, Ibu Kepala SMA 2 Malang, ….”.

  • Ucapan syukur

Ucapan syukur berisi kalimat yang menunjukkan rasa syukur atas rahmat Tuhan. Contoh : “Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur atas berkat nikmat dan rahmat Allah SWT,..”.

Pembahasan 

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan untuk memengaruhi, mengajak, atau membujuk pendengar untuk mengikuti keinginan orator (orang yang berpidato) secara sukarela.

Pidato persuasif menjadi satu di antara cara menggerakkan masyarakat untuk berbuat lebih baik dan lebih kreatif. Jadi, tidak jarang pada setiap acara-acara tertentu, pidato persuasif cukup efektif sebagai inspirasi kepada khalayak.

Struktur teks pidato persuasif sendiri terdiri dari tiga bagian. Ketiga struktur tersebut merupakan komponen penting yang harus ada dalam sebuah teks pidato terutama pidato persuasif.

Struktur teks pidato persuasif di antaranya :

  • Pembukaan

Pembukaan teks pidato terdiri dari tiga bagian, yaitu salam pembuka, ucapan penghormatan, dan ucapan syukur. Pada bagian ini berisi pengenalan topik atau permasalahan yang akan dibahas. Hal ini berfungsi sebagai pengantar sebelum pada tahap penjelasan/isi pidato. Selain itu juga berisi deskripsi singkat tentang topik permasalahan.

  • Isi pidato

Isi pidato adalah bagian yang penting karena dalam isi ini terkandung inti dari sesuatu yang akan disampaikan dan dibicarakan. Pada bagian isi ini, sang orator akan menjelaskan secara detail dan jelas mengenai apa yang disampaikannya kepada para pendengar.

  • Penutup

Penutup pidato adalah akhir dari sebuah pidato. Pada bagian ini berisi berbagai saran, ajakan, maupun pertimbangan sekaligus penguatan untuk memengaruhi pendengar/pembaca agar yakin dengan pendapat yang telah dikemukakan oleh penulis.

Kaidah kebahasaan teks persuasif dapat juga disebut sebagai karakteristik atau ciri bahasa dari teks persuasif, yaitu:

  1. Bersifat mengajak dan memengaruhi.
  2. Dicirikan dengan adanya kata-kata persuasi atau bujukan seperti: ayo, mari, dan mendapat imbuhan -lah.
  3. Diakhiri dengan tanda baca seru (!).
  4. Memuat sejumlah pendapat dan fakta.
  5. Menggunakan kalimat yang bersifat membangun.

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …