Bagaimana cara masyarakat melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga

Bagaimana cara masyarakat melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga

Jawaban

Cara masyarakat melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga adalah dengan melaksanakan semua kewajiban yang sudah disepakati atau kewajiban-kewajiban yang memang melekat pada diri. Selain itu, warga juga melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dengan kondisi ideal mendahulukan pelaksanaan kewajiban secara bertanggung jawab baru kemudian menuntut pemenuhan hak. Tanggung jawab sendiri adalah sikap yang menyertai dalam pelaksanaan segala kewajiban diri termasuk sebagai warga negara.

Pembahasan

Sebagai warga negara, pada diri kita melekat sejumlah hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban ini harus dilaksanakan secara seimbang dengan kondisi ideal kewajiban dilaksanakan terlebih dahulu. Apabila hak dan kewajiban sebagai warga negara dilaksanakan secara bertanggung jawab dan seimbang maka keharmonisan hidup akan terjaga, kita terhindar dari potensi melanggar hak orang. Sebaliknya, jika kita enggan melaksanakan tanggung jawab dan hanya terus menerus menuntut hak maka kondisi hidup yang kacau akan terjadi yang bisa mengarah pada perpecahan karena terjadi pelanggaran hak terhadap orang lain.

Hak dan kewajiban sebagai warga negara harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab sebab berkaitan dengan status kita sebagai anggota dari sebuah organisasi bernama negara.

Check Also

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa?

Apa yang membedakan rasul dengan manusia biasa? Jawaban yang benar adalah Rasul mendapatkan mukjizat dan …