Nama pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia pertama kali dikukuhkan oleh

Nama pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia pertama kali dikukuhkan oleh

Jawaban

Nama Pancasila sebagai dasar bagi Negara Republik Indonesia paling pertama kali dikukuhkan oleh sosok Ir. Soekarno. Ia menyampaikan gagasannya dalam sidang BPUPKI dan menyebutkan sebagai Ekasila, Trisila dan Pancasila.

Pembahasan

Ir. Soekarno adalah salah satu bapak bangsa Indonesia. Ia dikenal sebagai tokoh penting penggerak perjuangan kemerdekaan. Ia pula yang didaulat sebagai sosok yang membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan didampingi Hatta sehingga ia dijuluki Bapak Proklamator. Dalam sejarah Indonesia, Soekarno juga dikenang sebagai presiden pertama bangsa yang menjabat sepanjang periode kekuasaan Orde Lama.

Selain yang disebutkan di atas, salah satu jasa besar Soekarno lainnya adalah dalam merumuskan dasar negara yang kemudian kita kenal sebagai Pancasila. Pancasila ini bahkan merupakan istilah yang lahir dari mulut Seokarno sendiri yang ia sampaikan dalam pidatonya pada sidang resmi BPUPKI tertanggal 1 Juni 1945. Sampai saat ini, Indonesia terus merayakan 1 Juni sebagai Hari Kelahiran Pancasila.

Istilah Pancasila sendiri sebenarnya bukan murni lahir dari pemikiran Soekarno sebab kata ini berasal dari bahasa sanskerta yang berarti lima (panca) dan dasar (sila). Pancasila diambil Soekarno dari dalam kitab bernama Sutasoma karangan Mpu Tantular. Dalam kitab tersebut, terdapat lima larangan yang dituliskan sebagai Pancasila Krama.

Check Also

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan hingga Jawaban yang benar adalah 1.000 butir …