Transaksi pembelian secara kredit didukung dengan bukti transaksi

Transaksi pembelian secara kredit didukung dengan bukti transaksi

Jawaban

Terhadap setiap transaksi yang ada pada perusahaan, kita harus membuat suatu bukti yang nantinya akan digunakan ketika membuat pembukuan akhir sehingga setiap kegiatan perusahaan bisa diidentifikasi dan dilakukan pengecekan. Bukti transaksi yang digunakan untuk mencatat transaksi pembelian yang dilakukan dengan kredit adalah faktur pembelian.

Pembahasan

Soal di atas sepertinya tidak lengkap karena seharusnya disertai juga dengan pilihan jawabannya. Berikut adalah soal yang lengkap:

Terhadap setiap transaksi yang ada pada perusahaan, kita harus membuat suatu bukti yang nantinya akan digunakan ketika membuat pembukuan akhir sehingga setiap kegiatan perusahaan bisa diidentifikasi dan dilakukan pengecekan. Bukti transaksi yang digunakan untuk mencatat transaksi pembelian yang dilakukan dengan kredit adalah

A. Nota debet

B. Nota kredit

C. Faktur pembelian

D. Faktur penjualan

Maka dari itu, jawaban yang paling tepat adalah pilihan (C). Pilihan (C) tepat karena faktur adalah jenis bukti transaksi yang digunakan untuk mencatat transaksi yang menggunakan kredit. Maka dari itu, kita akan menggunakan faktur pembelian untuk mencatat transaksi pembelian yang dilakukan secara kredit.