Peralatan untuk instalasi listrik dan fungsinya

Peralatan untuk instalasi listrik dan fungsinya

Jawaban

Berikut adalah beberapa peralatan yang digunakan untuk instalasi listrik berikut fungsi dari masing-masing peralatan tersebut:

  • Saklar: peralatan yang digunakan untuk menyambungkan serta memutuskan aliran listrik yang  mengalir pada peralatan elektronika.
  • Stop kontak: peralatan yang digunakan sebagai penghubung untuk menghantarkan listrik yang ada pada stop kontak tersebut kepada peralatan yang menggunakan listrik dengan menggunakan kabel.
  • Kabel: peralatan yang digunakan untuk menghantarkan arus listrik dari sumber listrik kepada peralatan elektronika.
  • Steker: peralatan yang digunakan untuk menyambungkan arus listrik yang dibutuhkan oleh peralatan elektronika kepada sumber listrik yang ada pada stop kontak.
  • Meteran: peralatan yang digunakan untuk mencatat daya pemakaian listrik yang ada di suatu tempat dan juga digunakan untuk memutuskan aliran listrik secara total pada suatu tempat. Meteran juga menjadi alat penyebaran arus listrik yang ada pada suatu tempat.

Pembahasan

Instalasi listrik adalah usaha untuk menciptakan suatu sambungan atau hubungan terhadap suatu peralatan listrik kepada peralatan lainnya. Instalasi listrik yang dilakukan di rumah-rumah harus sudah mengikuti standar yang ada pada PUIL tahun 2000. Instalasi listrik yang dilakukan dengan tidak benar bisa menciptakan korsleting hingga kebakaran.