Usaha rakyat Aceh mengusir Portugis

Usaha rakyat Aceh mengusir Portugis

Jawaban

Salah satu bangsa Eropa yang pernah menjajah Indonesia dan singgah di Aceh adalah Portugis. Untuk mengusir Portugis, berikut adalah cerita mengenai usaha yang dikerahkan oleh rakyat Aceh:

Aceh yang ingin menguasai jalur perdagangan di Selat Malaka terganggu oleh kehadiran Portugis yang tentu saja menciptakan kesengsaraan bagi rakyat Aceh dengan menangkap kapal dagang Aceh hingga memblokade jalan yang digunakan oleh Aceh. Melihat hal ini, Aceh meminta bantuan berupa militer dan juga ahli dari Turki untuk memperkuat kekuatannya serta melakukan kerja sama dengan kerajaan Jepara. Pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda, Aceh menyerang Portugis yang berada di Selat Malaka dengan tujuan menyatukan Malaka dan Aceh. Dengan membentuk milisi infanteri, pasukan gajah, hingga membuat kapal yang menampung hingga 800 tentara, Sultan Iskandar Muda memimpin pertempuran. Aceh dan Portugis masih terus terlibat dalam konflik hingga akhirnya Selat Malaka dikuasai oleh Belanda melalui VOC pada tahun 1641.

Pembahasan

Aceh adalah salah satu jalur perdagangan yang sangat penting di Indonesia dan berada pada wilayah Barat. Namun, bangsa Portugis tiba-tiba datang pada tahun 1511 dan menguasai Selat Malaka yang menjadi jalur perdagangan yang digunakan oleh Aceh. Pertama kali, Aceh melakukan pertempuran dengan Portugis pada tahun 1537. Pertempuran antara Aceh dan Portugis berakhir dengan Selat Malaka yang jatuh ke tangan Belanda.