Perbedaan utama antara kronologi dan kronik adalah

Perbedaan utama antara kronologi dan kronik adalah

Jawaban

Dalam kisah sejarah, kita bisa menemukan berbagai macam cara berpikir yang bisa kita gunakan pada penulisan suatu kisah sejarah. Pada kronik dan juga kronologiperbedaan utama yang tampak adalah:

  • Kronologi: merupakan urutan peristiwa yang disusun sesuai dengan waktu kejadian dan memiliki hubungan pada masing-masing kejadian tersebut.
  • Kronik: catatan mengenai peristiwa berdasarkan waktu kejadiannya namun tidak ada hubungan antara kejadian-kejadian tersebut.

Pembahasan

Kronologi adalah salah satu cara berpikir sejarah yang digunakan dalam merangkai suatu kisah sejarah dalam penelitian sejarah. Kronologi menjadi salah satu cara berpikir sejarah yang sangat penting karena akan mengurutkan peristiwa sejarah berdasarkan waktu kejadian dari masing-masing peristiwa dan dengan hal ini kita bisa melihat hubungan sebab akibat yang ada pada masing-masing peristiwa seiring berjalannya waktu. Kronologi seringkali disamakan dengan kronik. Padahal, kronik adalah suatu catatan yang dibuat berdasarkan waktu kejadian namun tidak ada hubungan yang dibuat pada kejadian-kejadian tersebut. Kronik ini pernah dibuat oleh para pendeta dan musafir dan isinya berkaitan dengan penyebaran agama dan juga interaksi mereka dengan masyarakat.