Latar belakang terbentuknya republik Bataaf

Latar belakang terbentuknya republik Bataaf

Jawaban

Republik Bataaf Pada tahun 1795 terjadi perubahan di Belanda dimana muncul kelompok yang menamakan dirinya kaum patriot. Kaum ini terpengaruh oleh semboyan Revolusi Prancis, yaitu:

  • Liberte (kemerdekaan)
  • Egalite (persamaan)
  • Faternite(persaudaraan).

Berdasarkan ide dan paham yang digelorakan dalam Revolusi Perancis itu maka kaum patriot menghendaki perlunya negara kesatuan lalu bertepatan dengan keinginan itu pada awal tahun 1795 pasukan Perancis menyerbu Belanda. Raja Willem V melarikan diri ke Inggris dan Belanda dikuasai Perancis. Dibentuklah pemerintahan baru sebagai bagian dari Perancis yang kemudian dinamakan Republik Bataaf (1795-1806). Pemimpin Republik Bataaf adalah Louis Napoleon saudara dari Napoleon Bonaparte.

Pembahasan

Kemudian Raja Willem V oleh pemerintah Inggris ditempatkan di Kota Kew. Raja Willem V kemudian mengeluarkan perinta yang terkenal dengan sebutan “Surat-surat Kew”. Isi perintah itu adalah agar para penguasa di negeri jajahan Belanda menyerahkan wilayahnya kepada Inggris bukan kepada Prancis. Dengan “Surat-surat Kew” itu pihak Inggris bertindak cepat dengan mengambil alih beberapa daerah di Hindia seperti Padang padat tahun 1795 kemudian menguasai Ambon dan Banda tahun 1796. Inggris juga memperkuat armadanya untuk melakukan blokade kepada Batavia.