Mengapa WS Rendra menganggap zaman Demak seperti renadians?

Mengapa WS Rendra menganggap zaman Demak seperti renadians?

Jawaban

WS Rendra menganggap zaman Demak seperti renadians dikarenakan menurut dia zaman Demak adalah zaman kebangkitanZaman Demak merupakan zaman dimana perkembangan islam sedang menyebar luas.

Pembahasan

Zaman Demak termasuk salah satu periode terpenting dalam sejarah Indonesia. Itu adalah masa ketika negara pertama kali bersatu di bawah satu penguasa, dan meletakkan dasar bagi negara Indonesia modern. Saat ini, Indonesia adalah tempat yang sangat berbeda dengan zaman Demak. Namun, ada beberapa kesamaan antara kedua periode tersebut. Keduanya merupakan masa perubahan dan transformasi besar bagi Indonesia. Dan kedua era melihat munculnya dinasti baru yang kuat yang akan membentuk negara selama berabad-abad yang akan datang.

Menurut WS Rendra, zaman Demak adalah masa kebangkitan. Hal ini dikarenakan selama ini terjadi peningkatan jumlah ulama dan intelektual yang mampu memberikan kontribusi bagi perkembangan Islam di Indonesia. Salah satu aspek yang paling menonjol dari periode ini adalah penyebaran pendidikan Islam yang menyebabkan peningkatan pengetahuan agama di kalangan masyarakat. Faktor penting lainnya adalah maraknya perdagangan maritim yang membawa ide dan teknologi baru dari belahan dunia lain. Hal ini menyebabkan periode kemakmuran ekonomi dan pertukaran budaya yang membantu menciptakan masyarakat yang lebih canggih.