Praktik ideal pelaksanaan Pancasila sebagai dasar negara diwujudkan dengan?

Praktik ideal pelaksanaan Pancasila sebagai dasar negara diwujudkan dengan?

Jawaban

Praktik ideal pelaksanaan Pancasila sebagai dasar negara diwujudkan dengan menjadikan Pancasila sebagai petunjuk dalam memecahkan permasalahan bangsa. Pancasila adalah ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

Pembahasan

Pancasila adalah ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila terdiri dari dua suku kata Sanskerta: pañca berarti lima (5) dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila terdiri dari lima sendi utama yang semuanya tercantum pada paragraf ke-4 pembukaan Undang-undang Dasar 1945.

Adapun bunyi dari teks pancasila adalah:

  • Ketuhanan Yang Maha Esa.
  • Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.
  • Persatuan Indonesia.
  • Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.
  • Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Contoh penerapan nilai pancasila adalah:

Persatuan Indonesia: Masyarakat saling bekerjasama dengan TNI, Polri dan ABRI dalam menjaga keamanan wilayah kedaulatan RI.

Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: DPR sebagai wakil masyarakat memberikan akses untuk menyalurkan aspirasi masyarakat kepada pemerintah.

Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Pemerintah memberikan hak atas kemakmuran dan keselamatan setiap masyarakatnya secara merata dan menyeluruh tanpa pandang bulu.