Mengapa sikap persatuan dan persatuan harus diterapkan dalam kehidupan sehari- hari?

Mengapa sikap persatuan dan persatuan harus diterapkan dalam kehidupan sehari- hari?

Jawaban

Persatuan dan Kesatuan merupakan salah satu nilai dari Pancasila. Sikap persatuan dan kesatuan lah yang membuat Indonesia bisa merdeka hingga saat ini. Pentingnya sikap ini agar kita bisa bersatu dan menggabungkan kekuatan untuk membuat solusi dari permasalahan yang ada di masyarakat.

Pembahasan

Pancasila berasal dari dua kata yakni panca dan sila. Panca yang memiliki arti lima sedangkan untuk Sila yang berarti asas atau prinsip. Jadi kata Pancasila adalah lima prinsip yang mempunyai kedudukan yang terdapat di Indonesia. Lalu sebagai  Identitas adalah suatu nama atau label yang sudah  melekat pada diri seseorang dan untuk menggambarkan jati diri dari orang tersebut. Dan Pancasila sendiri ini  merupakan sebuah identitas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. oleh Karena itu, setiap masyarakat tentunya akan menjadi bagian dari bangsa Indonesia yang harus memiliki jiwa pancasila sebagai identitasnya. NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan sebuah negara yang menganut asas atau prinsip yang dinamakan pancasila dengan  bunyi:

  • Ketuhanan yang Maha Esa.
  • Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.
  • Persatuan Indonesia.
  • Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.
  • Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Pada sila ketiga ini menjadi sila yang sangat penting untuk perdamaian bangsa, karena ketika kita tidak bersatu maka nantinya  bangsa ini akan roboh dan hancur. Persatuan Indonesia pada Sila ini memiliki makna persatuan Indonesia adalah hal yang sangat penting untuk selalu kita jaga, dimana kita juga harus mendahulukan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam bentuk kepentingan umum dibanding kepentingan pribadi. Selain itu, untuk  dapat mempertahankan persatuan Indonesia, kita tentunya sangat memerlukan adanya sikap patriotisme dan nasionalisme.