Jelaskan perbandingan rumusan sila Pancasila pada rumusan Piagam Jakarta (22 Juni 1945) dengan rumusan akhir (18 Agustus 1945)! 

Jelaskan perbandingan rumusan sila Pancasila pada rumusan Piagam Jakarta (22 Juni 1945) dengan rumusan akhir (18 Agustus 1945)! 

Jawaban

Perbedaan dari rumusan Dasar Negara dalam Piagam Jakarta dengan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 adalah pada bunyi sila pertama, dalam Piagam Jakarta sila pertama dari dasar negara bunyinya adalah “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya.” pada rumusan 18 Agustus 1945 berubah menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Pembahasan

Rumusan Pancasila 1 Juni 1945 terdapat dalam Piagam Jakarta. Pada 18 Agustus 1945 setelah Proklamasi pada tanggal 17 Agustus, Piagam Jakarta dijadikan Pembukaan UUD 45 dan rumusan Pancasila berubah pada sila pertama. Dalam Piagam Jakarta sila pertama berbunyi, “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya.” Namun pada rumusan 18 Agustus 1945 berubah menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Kesepakatan ini terjadi setelah adanya negosiasi dari Bung Hatta kepada kelompok Islam yang dipimpin Ki Bagus Hadikusumo karena ada utusan kelompok dari tokoh di Indonesia timur yang mengancam akan memisahkan diri dari Indonesia apabila rumusan sila pertama dalam Piagam Jakarta tetap menggunakan kata “kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”. Dengan demikian maka yang berbeda dari rumusan Dasar Negara dalam Piagam Jakarta dengan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 adalah pada sila pertama.