Yang akan dikembalikan kepada yang berhak sesudah diadakan perjanjian RI-Belanda oleh badan perancang ekonomi yaitu?

Yang akan dikembalikan kepada yang berhak sesudah diadakan perjanjian RI-Belanda oleh badan perancang ekonomi yaitu?

Jawaban

Perusahaan modal asing adalah hal yang akan dikembalikan kepada yang lebih berhak setelah diadakannya perjanjian antara RI-Belanda oleh badan perancang ekonomi. Badan ini awalnya bertujuan untuk menggiatkan kembali partisipasi pengusaha swasta.

Pembahasan

Pendirian badan perancang ekonomi diprakarsai oleh Dr. AK Ghani, Menteri Sosial. Badan ini merupakan badan tetap yang bertanggung jawab atas penyusunan rencana pembangunan ekonomi selama 2-3 tahun. Setelah komite desain ini dibentuk, A.K. Gani mengumumkan rencana pengembangan 10 tahun. Pendanaan untuk rencana pembangunan ini terbuka bagi investor dalam dan luar negeri. Untuk menampung dana pembangunan, pemerintah mendirikan bank pembangunan. Pada bulan April 1947, Komisi Desain diperluas menjadi Komisi Pemikiran Strategis Ekonomi, yang dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Moh. Hatta sedangkan A.K. Gani sebagai agennya. Komisi ini bertugas melakukan penelitian, pengumpulan data, dan memberikan saran kepada pemerintah dalam merencanakan pembangunan ekonomi dan negosiasi dengan Belanda.

Semua gagasan ini tidak dapat dan belum dapat diwujudkan karena situasi politik dan militer. Invasi militer Belanda meninggalkan sebagian besar potensi ekonomi Indonesia di tangan Belanda. Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki beberapa permukiman di Jawa dan Sumatera yang sebagian besar tergolong wilayah negatif dan padat penduduk. Pecahnya pemberontakan PKI Madiun dan invasi Belanda kedua meningkatkan kesulitan ekonomi. 1948 Rekonstruksi dan Rasionalisasi Angkatan Bersenjata (RERA). Wakil Presiden Dr Moh Hatta perlu meringankan kondisi di sektor ekonomi selain meningkatkan efisiensi.