Sebutkan langkah-langkah menghubungkan komputer

Sebutkan langkah-langkah menghubungkan komputer

Jawaban

Untuk menghubungkan komputer Anda ke Internet:

1. Melalui jaringan

Dalam metode ini, beberapa komputer yang tergabung dalam jaringan area lokal (LAN) terhubung ke server melalui modem yang terhubung ke saluran telepon atau antena siaran. Cara ini biasanya digunakan untuk kegiatan perusahaan, warnet, atau kampus dan sekolah.

2. Menggunakan saluran telepon (dial-up)

Cara kedua ini biasanya digunakan untuk aktivitas pribadi/pribadi pengguna komputer rumahan yang dapat menghubungkan modemnya secara langsung ke jaringan telepon yang terhubung ke Internet. Kelebihan dari akses ini adalah memiliki jaringan yang besar, namun kekurangannya adalah biaya akses yang relatif mahal.

3. Penggunaan GPRS (General Packet Radio Service)

Metode menghubungkan komputer ke Internet melalui GPRS berarti bahwa proses komunikasi dan informasi dilakukan melalui gelombang radio. Ini biasanya dijalankan oleh pengguna laptop atau perangkat komputasi seluler. B. Perangkat seluler sudah terhubung ke Internet.

4. Menggunakan WiFi (Wireless Fidelty) WiFi merupakan jaringan nirkabel yang menggunakan frekuensi radio (2,4 GHz). Untuk menggunakan WiFi, Anda memerlukan notebook dan PDA dengan kartu WiFi. Kelebihan WiFi adalah kecepatan aksesnya mencapai 11Mbps Kekurangan WiFi sebaiknya digunakan di daerah yang ada sinyal WiFi (hot spot area).

Pembahasan

Donald H. Saunders sendiri mendefinisikan komputer sebagai sistem elektronik yang mampu memanipulasi, mengatur dan membentuk data secara otomatis dengan presisi dan kecepatan. Selain itu, komputer bertanggung jawab untuk menerima dan menyimpan data, yang diproses dan menghasilkan output berdasarkan instruksi yang ada di memori.