Bentuk lokasi suatu tempat di permukaan bumi dan dinyatakan dalam garis koordinat dinamakan​

Bentuk lokasi suatu tempat di permukaan bumi dan dinyatakan dalam garis koordinat dinamakan​

Jawaban

Bentuk lokasi suatu tempat di permukaan bumi dan dinyatakan dalam garis koordinat dapat disebut dengan ​letak astronomisLetak astronomis sangatlah berperan penting saat mengetahui posisi suatu tempat dipermukaan bumi.

Pembahasan

Letak geografi Indonesia dan letak astronomis Indonesia adalah posisi negara Indonesia yang didefinisikan terhadap batasan-batasan yang mengelilingi Indonesia. Negara kita memiliki sejumlah pulau yang tersusun dari Sabang sampai Merauke. Selain letak geografis di Indonesia ada letak astronomis dimana posisi Indonesia yang dipengaruhi oleh garis khayal bumi yakni garis lintang dan bujur yang mengelilingi bumi. Dinamai garis khayal karena memang pada permukaan bumi sebenarnya, garis ini tidak ada hanya merupakan pengembangan ilmu astronomi pada cabang-cabang ilmu biologi.

  • Garis Lintang

Garis lintang membagi struktur bumi menjadi 2 bagian sama besar yaitu antara utara dan selatan. Garis lintang sejajar dengan garis khayal khatulistiwa (equator) yang membentang hingga kutub selatan dan kutub utara. Letak astronomis Indonesia berada pada titik 6 o Lintang Utara (LU) sampai 11 o Lintang Selatan (LS). 

  • Garis Bujur

Garis Bujur membelah bumi secara horizontal, dari barat ke timur. Garis bujur disebut juga dengan garis meredien yang membatasi letak astronomis Indonesia antara 95o bujur timur (BT) – 141o bujur timur (BT).