Sebutkan 3 macam seni patung berdasarkan pembuatannya​

Sebutkan 3 macam seni patung berdasarkan pembuatannya​

Jawaban

Suatu karya seni patung bisa kita bedakan berdasarkan beberapa kategori. Berdasarkan cara pembuatannya, berikut adalah jenis dari karya seni patung:

  • Arca: jenis karya seni patung yang dibuat dengan tujuan penyembahan atau pemujaan kepada para dewa. Arca ini sangat banyak digunakan pada zaman kerajaan Hindu Buddha di Indonesia.
  • Relief: jenis karya seni patung yang dibuat pada suatu bidang datar dua dimensi atau pada permukaan dinding. Maka dari itu, meskipun memiliki tiga unsur pengukuran, suatu relief hanya bisa kita nikmati dari satu arah pandang saja.
  • Demi relief: jenis relief yang hanya menampilkan setengah bagian dari bentuk asli dari suatu objek saja.

Pembahasan

Karya seni patung adalah salah satu bentuk dari karya seni rupa tiga dimensi sehingga memiliki tiga unsur pengukuran, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Salah satu jenis karya seni patung yang banyak kita temukan pada dinding suatu candi adalah relief. Relief sendiri adalah karya seni rupa tiga dimensi yang dibuat pada suatu bidang datar dua dimensi yang umumnya menggunakan permukaan suatu dinding. Patung juga bisa kita bedakan berdasarkan tujuan pembuatannya, yaitu arsitektur, dekorasi, dan monumen.