Apa yang terjadi ketika kedua balon saling di gosokkan kemudian di dekatkan pada potongan-potongan kertas kecil?

Apa yang terjadi ketika kedua balon saling di gosokkan kemudian di dekatkan pada potongan-potongan kertas kecil?

Jawaban

Yang akan terjadi ketika dua balon saling digosokkan kemudian didekatkan pada potongan-potongan kertas maka yang akan terjadi adalah akan ada gaya tolak menolak antara keduanya karena pada saat kedua balon digosokkan tidak terjadi transfer elektron karena keduanya sama sama bermuatan negatif. Transfer elektron dapat terjadi saat dua benda yang memiliki muatan berbeda saling digesekkan.

Pembahasan

  • Listrik statis merupakan kumpulan dari muatan listrik dalam jumlah tetap atau bisa juga didefinisikan sebagai keseimbangan muatan listrik yang dimiliki oleh suatu benda.
  • Muatan listrik adalah kuantitas fisika yang memiliki kaitan dengan efek listrik dan laun sebagainya.
  • Listrik statis juga dapat didefinisikan sebagai fenomena listrik dimana fenomena ini terjadi karena partikel bermuatan ditransfer dari satu benda ke benda lainnya. Saat perpindahan muatan elektro ini terjadi maka salah satu benda dapat mengalami kelebihan elektron sehingga memiliki muatan negatif dan yang satunya bermuatan positif karena kekurangan elektron.
  • Karena adanya perbedaan sifat tersebut oleh karena itu kedua benda tersebut dapat saling tarik menarik.
  • Maka saat balon yang memiliki sifat yang sama digesekkan tidak akan terjadi transfer elektron, maka yang akan terjadi adalah gaya tolak menolak.