Mengapa seorang pemimpin harus mampu mendelegasikan wewenangnya kepada orang lain jelaskan!

Mengapa seorang pemimpin harus mampu mendelegasikan wewenangnya kepada orang lain jelaskan!

Jawaban

Seorang pemimpin haruslah mampu mendelegasikan wewenangnya kepada orang lain atau para bawahannya dikarenakan untuk memberikan contoh yang baik kepada para pekerjanya dalam melakukan sesuatu, pemimpin juga harus memahami tugas yang didelegasikan tersebut. Dengan pemimpin yang tau bagaimana cara mendelegasikan wewenangnya maka pekerjaan akan semakin mudah untuk diselesaikan dan lingkungan kerja akan semakin nyaman bagi para pekerja karena para pekerja merasa memiliki kesejahteraan dalam bekerja.

Gaya Kepemimpinan ini dinamakan dengan gaya kepemimpinan Demokratis adalah suatu gaya kepemimpinan  yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Setiap ada permasalahan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Pemimpin juga ikut serta memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya. Tetapi tipe kepemimpinan seperti ini juga terdapat hambatannya yang diantaranya :

– Perbedaan dalam sudut pandang

– Adanya interupsi yang saling bertolak belakang

– Pemimpin cenderung harus berdemokrasi dengan orang yang dipimpinnya

Pembahasan

Kepemimpinan dalam istilah umum khususnya di manajemen, kepemimpinan itu sering disebut dengan istilah Leader. Kepemimpinan adalah satu kata yaitu tentang bagaimana mempengaruhi, memotivasi, mengarahkan orang lain atau bawahan ataupun pengikut agar atau untuk mencapai tujuan organisasi yang diinginkan oleh pemimpin dan orang orang yang ada dalam organisasi.