10 cara mudah untuk mempercepat laju komputer Anda!

Banyak orang tertarik untuk memanfaatkan peralatan mereka sebaik mungkin. Nah, berikut ini adalah 10 tips sederhana agar PC Windows XP Anda berjalan lebih cepat tanpa harus membeli hardware tambahan.

1. Disk defragmentasi untuk mempercepat akses data.

Fragmentasi disk merupakan salah satu faktor yang memperlambat kinerja komputer. Ketika file terfragmentasi, komputer harus mencari hard drive saat membuka file untuk menyatukannya kembali.

* Pilih disk yang ingin Anda defragment dan klik Analyze
* Klik Defragment

2. Deteksi dan perbaiki kesalahan disk

Seiring waktu, hard disk Anda mengembangkan bad sector. Bad sector mengurangi kinerja hard drive dan terkadang membuat sulit atau bahkan tidak mungkin untuk menulis data. Ini akan mencari hard drive Anda untuk bad sector dan kesalahan sistem dan memperbaikinya untuk meningkatkan kinerja.

* Masuk ke Start> My Computer
* Di My Computer, klik kanan hard drive yang ingin Anda periksa dan pilih Properties
* Pilih tab Tools
* Klik tombol Check
* Pilih checkbox Check and repair bad sector
* Klik Start

3. Disable Layanan Pengindeksan Layanan Pengindeksan

adalah aplikasi kecil yang menggunakan banyak sumber daya CPU. Dengan mengindeks dan memperbarui daftar semua file di komputer Anda, ini membantu Anda mencari sesuatu lebih cepat saat memindai daftar indeks. Itu tidak akan membahayakan mobil Anda, tidak peduli apakah Anda sering mencari atau tidak terlalu sering.

* Masuk ke menu Start
* Klik Settings
* Klik Control Panel
* Klik dua kali Add / Remove ProgramsAdd / Remove Programs
* Klik* Klik jendela Add / Remove Components
* Hapus centang Indexing Services
* Klik Next

4. Optimalkan Pengaturan Tampilan

Windows XP adalah penampil TV . Tetapi ini membutuhkan sumber daya sistem yang digunakan untuk menampilkan semua visual dan efek. Windows terlihat baik jika mematikan sebagian pengaturan dan membiarkan berikut ini:

* Tampilkan bayangan di bawah menu
* Tampilkan bayangan di bawah penunjuk tetikus
* Tampilkan persegi pilihan semi-transparan
* Gunakan bayangan untuk pintasan ikon desktop

6 Nonaktifkan penghitung kinerja

Windows XP memiliki utilitas Monitor kerja yang memantau beberapa area PC. Utilitas ini menggunakan sumber daya sistem, jadi sebaiknya nonaktifkan.

* Unduh dan instal daftar penghitung kinerja (http://www.microsoft.com/windows2000/techinfo/reskit/tools/existing/exctrlst-o.asp)
* Kemudian pilih setiap penghitung secara bergantian di Penghitung Kinerja yang Dapat Diperluas dan hapus centang kotak centang “Penghitung kinerja diaktifkan” di tombol bawah di bawah

7. Mengoptimalkan

file halaman Anda dapat mengoptimalkan file halaman Anda. Menyetel ukuran tetap untuk file paging menghilangkan kebutuhan sistem operasi untuk mengubah ukuran file halaman.

* Klik bagian kanan pada My Computer kemudian pilih pada Properties
* Pilih tab Advanced
* Untuk Performance pilih Button Settings
* Pilih tab Advanced lagi yang berada di bawah Virtual Memory klik Change

* Sorot disk yang berisi file halaman dan buat ukuran file awal sama dengan Maksimum ukuran file.

8. Menghapus font untuk font cepat

, terutama font TrueType, adalah penggunaan sumber daya sistem yang signifikan. Untuk kinerja yang optimal, kecilkan font yang perlu Anda gunakan setiap hari dan font yang mungkin dibutuhkan aplikasi Anda.

* Buka Control Panel
* Buka folder Font
* Pindahkan font yang tidak dibutuhkan ke direktori sementara (misalnya C: \ FONTBKUP?) Jika Anda perlu atau ingin mendapatkan kembali sebagian dari mereka.

9. Menggunakan Flash Memory untuk

Meningkatkan Performa Untuk meningkatkan performa, Anda perlu memasang RAM tambahan. Ini akan memungkinkan Anda untuk mem-boot OS lebih cepat, menjalankan banyak aplikasi, dan mengakses data lebih cepat. Tidak ada cara yang lebih sederhana dan lebih elegan secara teknis untuk melakukan ini selain menggunakan eBoostr (http://www.eboostr.com).

eBoostr adalah program kecil yang dapat meningkatkan kinerja komputer mana pun yang menjalankan Windows XP, seperti ReadyBoost Vista. Dengan eBoostr, jika Anda memiliki flash drive seperti USB flash drive atau kartu SD, Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan kinerja komputer Anda. Cukup colokkan flash drive ke port USB dan Windows XP akan menggunakan eBoostr untuk menggunakan flash drive untuk kinerja yang lebih baik.

Kinerja produk lebih baik untuk aplikasi dan data yang umum digunakan, menjadikannya fitur hebat bagi orang yang menggunakan program perkantoran, aplikasi grafis, atau alat pengembang. Ini pasti mendapat perhatian khusus dari pemilik laptop, karena upgrade laptop biasanya lebih sulit dan hard drive laptop menurut definisi lebih lambat daripada komputer desktop.

10. Lakukan defragmentasi booting.

Ada cara mudah untuk membuat XP memulai lebih cepat: paksa sistem Anda untuk melakukan defrag boot, yang akan menempatkan semua file boot di samping satu sama lain pada hard drive Anda.

Pada kebanyakan sistem, defragmentasi boot harus diaktifkan secara default, tetapi mungkin tidak ada di sistem Anda atau mungkin telah diubah secara tidak sengaja. Untuk memastikan Boot Defragmentation diaktifkan:

* Mulai Registry Editor
* Masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Dfrg\BootOptimizeFunction
* Setel string Enable ke Y jika belum disetel ke Y.
* Tutup registri
* Restart