Peringatkan Tentang Bahaya Menggunakan Situs Jejaring Sosial
image source : freepik.com

Orangtua: Peringatkan Tentang Bahaya Menggunakan Situs Jejaring Sosial

Apakah Anda orang tua dari niospirin remaja Anda? Jika demikian, Anda lebih mungkin tertarik pada keamanan mereka di Internet seperti yang Anda inginkan. Meskipun Internet telah berubah menjadi lebih baik, perubahan ini telah memudahkan orang untuk mengakses Internet, dan mereka ingin Anda tidak ingin berkomunikasi dengan anak Anda seolah-olah mereka tidak ada. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk melindungi anak Anda saat mereka online, terutama saat mereka menggunakan situs jejaring sosial online.

Situs jejaring sosial online? Apakah mereka? Jika Anda sendiri bukan pengguna internet, Anda mungkin tidak tahu sama sekali tentang situs jejaring sosial, apa itu dan bagaimana cara kerjanya. Langkah pertama dalam melindungi anak remaja Anda adalah dengan keluarga Anda sendiri dengan mereka. Situs jejaring sosial dikenal sebagai komunitas online yang bertujuan untuk menghubungkan pengguna Internet satu sama lain. Sayangnya, jejaring sosial ini telah menjadi penghalang bagi banyak predator online, dan siapa mereka di belakang? Remaja dan mungkin anak remaja Anda bisa menjadi salah satunya.

Ketika datang untuk melindungi anak Anda, pikiran pertama Anda mungkin melarang penggunaan situs web di Internet. Tentu saja, Anda dapat melakukannya jika Anda mau. Anda adalah orang tua, Anda dapat melakukan apapun yang Anda inginkan; tapi tentu saja tidak perlu. Terlepas dari bahayanya, situs jejaring sosial relatif aman, bahkan untuk remaja. Namun, agar aman dan tenteram, seorang remaja perlu mengetahui apa yang harus dihindari dan siapa yang harus dicari. Faktanya, ini berarti bahwa cara terbaik untuk melindungi anak Anda dari predator online adalah dengan memberi tahu mereka tentang bahaya yang ada di sana.

BACA JUGA :  Amankan Bisnis Online Anda Dengan Keamanan Internet

Hal pertama yang mungkin ingin Anda diskusikan dengan anak Anda adalah dengan siapa dia mengobrol di Internet. Bahkan jika mereka tidak ingin menjawab Anda, Anda perlu menekankan bahwa penting untuk mengetahui dengan siapa mereka berbicara. Tampaknya jejaring sosial tidak dapat berfungsi untuk menghubungkan orang-orang yang tidak saling mengenal secara fisik, tetapi itu bisa dilakukan. Anak Anda harus membaca profil online teman Anda secara lengkap dan mencoba memahami konten mereka. Ini memungkinkan mereka untuk melacak cerita yang tidak konsisten atau informasi yang salah. Beri tahu remaja itu bahwa jika dia mengetahui bahwa seseorang berbohong, dia harus segera mengakhiri percakapan.

Selain dengan siapa anak remaja Anda diajak, penting juga untuk mengetahui apa yang mereka bicarakan. Sama seperti dengan siapa mereka berbicara, seorang remaja mungkin tidak ingin memberi Anda jawaban yang jelas. Bahkan jika Anda tidak bisa mendapatkan jawaban dari mereka, penting untuk memberi tahu mereka apa yang pantas dan apa yang tidak. Pastikan lebih baik tinggalkan orang yang suka membicarakan seks, narkoba, dan aktivitas ilegal lainnya. Meskipun mereka menikmati sejumlah teman online, ada banyak yang ingin melakukan percakapan yang menyenangkan dan tidak berbahaya dengan mereka, terutama remaja.

Mungkin hal terpenting untuk berbicara dengan seorang remaja tentang situs jejaring sosial adalah mengatur pertemuan fisik. Selama beberapa tahun terakhir, ada banyak laporan tentang remaja yang diusir dari rumah mereka dengan harapan bertemu teman baru yang mereka pikir seumuran mereka. Sayangnya, sebagian besar teman online ini lebih tua dan dalam banyak kasus ternyata menjadi predator seksual. Jika anak remaja Anda ingin bertemu teman online dan Anda merasa mereka dengan atau tanpa izin Anda, Anda dapat menawarkan untuk pergi bersamanya. Tentu saja, disarankan agar Anda berhati-hati dan bertemu Anda semua di tempat umum.

BACA JUGA :  Situs Jejaring Sosial : Mungkinkah Menemukan Cinta Online?

Dengan mengingat poin-poin di atas, anak Anda seharusnya tetap dapat menggunakan situs jejaring sosial, tetapi menggunakannya dengan aman. Selain masalah keamanan dan tindakan pencegahan yang disebutkan di atas, Anda mungkin memiliki barang-barang pribadi Anda sendiri. Apakah Anda melakukannya atau tidak, penting bagi Anda untuk membuat anak Anda sadar akan bahaya yang tersembunyi di dalam pikiran, kunci kesadaran.