Google Chrome adalah

Google Chrome adalah browser web multi-platform yang dikembangkan oleh Google. Ini pertama kali dirilis pada tahun 2008 untuk sistem operasi Microsoft Windows yang dibangun menggunakan komponen perangkat lunak gratis dari Apple WebKit dan Mozilla Firefox. Itu kemudian porting ke Linux, macOS, iOS, dan Android di mana itu adalah browser default yang dibangun ke dalam sistem operasi. Peramban juga merupakan komponen utama Chrome OS, yang berfungsi sebagai platform untuk aplikasi web.

Sebagian besar kode sumber Chrome berasal dari proyek Chromium sumber terbuka dan gratis Google, tetapi Chrome dilisensikan sebagai perangkat lunak berpemilik gratis. WebKit adalah mesin rendering asli, tetapi Google akhirnya bercabang untuk membuat mesin Blink, semua varian Chrome kecuali iOS sekarang menggunakan Blink.

Pada Juli 2021, StatCounter memperkirakan Chrome memiliki 65% dari pangsa pasar browser di seluruh dunia (setelah memuncak pada 72,38% pada November 2018) di PC, dan paling banyak digunakan di tablet (menyalip Safari) Ini juga dominan di smartphone, di 63,59 % di semua platform digabungkan. Karena kesuksesan ini, Google telah memperluas nama merek “Chrome” ke produk lain: Chrome OS, Chromecast, Chromebook, Chromebit, Chromebox, dan Chromebase.

Public release

Peramban ini pertama kali dirilis untuk umum pada 2 September 2008 untuk Windows XP dan yang lebih baru, dengan 43 bahasa yang didukung, secara resmi beta, dan sebagai rilis publik yang stabil pada 11 Desember 2008. Pada hari yang sama, siaran berita CNET menarik perhatian ke bagian dalam pernyataan persyaratan Layanan ini untuk versi beta awal, yang tampaknya memberi Google lisensi untuk semua konten yang ditransfer melalui browser Chrome. Bagian ini diwarisi dari Persyaratan Layanan Umum Google. Google segera menanggapi kritik ini dengan mengatakan bahwa bahasa yang digunakan dipinjam dari produk lain, dan menghapus bagian ini dari Persyaratan Layanan.

Chrome dengan cepat memperoleh sekitar 1% dari pangsa penggunaan. Setelah peningkatan awal, pangsa penggunaan menurun hingga mencapai 0,69% pada Oktober 2008. Kemudian mulai meningkat lagi dan pada Desember 2008 Chrome melewati ambang 1% lagi. Pada awal Januari 2009, CNET melaporkan bahwa Google berencana untuk merilis versi Chrome untuk OS X dan Linux pada paruh pertama tahun ini. Pratinjau pengembang resmi pertama untuk Chrome OS X dan Linux diumumkan pada 4 Juni 2009 dengan posting blog yang mengatakan bahwa mereka kehilangan beberapa fitur dan dimaksudkan untuk umpan balik awal daripada penggunaan umum. Pada bulan Desember 2009, Google merilis versi beta Chrome untuk OS X dan Linux. Google Chrome 5.0, diumumkan pada 25 Mei 2010, adalah rilis stabil pertama yang mendukung ketiga platform.

Chrome adalah salah satu dari dua belas browser yang ditampilkan di BrowserChoice.eu untuk pengguna Microsoft Windows EEA pada tahun 2010.

Check Also

oppo 1 jutaan

7 Rekomendasi HP Oppo Dengan Harga 1 Jutaan, Kualitas Bagus

Untuk kamu yang ketidaktahuan cari HP pada harga yang dapat dijangkau tetapi kualitas bagus, tidak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.