Samsung Galaxy Fold 2 vs Galaxy Fold: Apakah perbedaannya?

Samsung Galaxy Z Fold 2 awalnya terungkap pada 5 Agustus bersamaan dengan seri Galaxy Note 20, diikuti dengan pengungkapan penuh pada 1 September, tetapi bagaimana perbandingannya dengan pendahulunya – Galaxy Fold?

Kami telah membandingkan spesifikasi Galaxy Z Fold 2 dengan Galaxy Fold untuk melihat perubahan apa yang telah dilakukan untuk generasi kedua dan perbedaan kedua perangkat.

Desain

  • Kedua desain gaya buku
  • Layar eksternal yang lebih besar pada Z Fold 2
  • Desain yang lebih halus pada Z Fold 2

Samsung Galaxy Fold menampilkan desain bergaya buku dengan lipatan vertikal. Saat dilipat (160.9 x 62.8 x 17.1mm), terdapat tiga kamera di bagian belakang dan dua kamera di bagian depan. Ada juga layar eksternal di tengah bagian depan perangkat.

Saat dibuka (160.9 x 117.9 x 7.6mm), ada layar fleksibel besar yang terlipat di tengah. Bingkai terbuat dari stainless steel dan perangkat ini hadir dalam dua pilihan warna Space Silver dan Cosmos Black.

Galaxy Z Fold 2 menampilkan desain bergaya buku yang sama dengan lipatan vertikal, yang membedakannya dari Galaxy Z Flip. Ada dua warna: Mystic Bronze dan Mystic Black. Ada juga empat opsi penyesuaian engsel: Metallic Silver, Metallic Red, Metallic Blue, Metallic Gold.

Saat dilipat, Z Fold 2 berukuran 159,2 x 68 x 16.8mm, saat dibuka berukuran 159,2 x 128,2 x 6,9mm, membuatnya lebih ramping namun lebih lebar dari Fold. Engsel juga telah didesain ulang, memungkinkan untuk membuka pada sudut yang berbeda, dan jarak antara engsel dan layar telah dikurangi.

Rumah kamera di bagian belakang Z Fold 2 seperti Note 20 dan ada kamera berlubang di bagian depan, dan di sisi kanan layar internal. Layar eksternal juga jauh lebih besar, membentang dari ujung ke ujung dengan bezel yang lebih ramping.

Baik Galaxy Fold maupun Galaxy Z Fold 2 tidak tahan air.

Layar

  • Galaxy Fold: Utama 7,3 inci, eksternal 4,6 inci
  • Galaxy Z Fold 2: Utama 7,6 inci, eksternal 6,2 inci

Samsung Galaxy Fold memiliki layar 7,3 inci saat dibuka, bersama dengan layar eksternal 4,6 inci saat dilipat . Layar utamanya adalah AMOLED dengan resolusi 2152 x 1536 yang menghadirkan kerapatan piksel 362ppi.

Layar eksternal yang lebih kecil memiliki resolusi 1680 x 720 piksel, menawarkan kerapatan piksel 399ppi. Ini juga merupakan layar AMOLED.

Untuk Galaxy Z Fold 2, tampilan utama ditingkatkan menjadi layar 7,6 inci. Ini menawarkan kecepatan refresh 120Hz adaptif, seperti seri Galaxy S20 dan memiliki resolusi 2208 x 1768 piksel, memberikan kerapatan piksel 372ppi.

Sementara itu, layar eksternal telah meningkat menjadi 6,2 inci, mengisi bagian luar daripada duduk di tengah seperti aslinya. Layar eksternal tetap pada kecepatan refresh 60Hz standar seperti Fold asli dan memiliki resolusi 2260 x 816 piksel untuk kerapatan piksel 388ppi.

Perangkat keras dan spesifikasi

  • Galaxy Fold: SD855, RAM 12GB, penyimpanan 512GB, 4235mAh, 4G/5G
  • Galaxy Z Fold 2: SD865+, RAM 12GB, penyimpanan 256GB, 4500mAh, 5G

Samsung Galaxy Fold berjalan pada prosesor Qualcomm Snapdragon 855, didukung oleh 12GB dari RAM. Ada penyimpanan internal 512GB tetapi tidak ada slot microSD untuk ekspansi penyimpanan.

Di bawah kap, Galaxy Fold memiliki baterai ganda, yang memiliki kapasitas gabungan 4380mAh dalam model LTE dan 4235mAh dalam model 5G.

Galaxy Z Fold 2 5G berjalan pada prosesor Qualcomm Snapdragon 865+ yang didukung oleh RAM 12GB dan penyimpanan 256GB tanpa dukungan microSD. Itu berarti RAM sama dengan aslinya, sementara penyimpanannya dipotong setengah.

Z Fold 2 adalah ponsel berkemampuan 5G saja, dengan kapasitas baterai gabungan 4500mAh, yang sedikit lebih banyak daripada model 5G dari Fold asli.

Kamera

  • Galaxy Fold: Triple belakang, dual depan, tambahan depan
  • Galaxy Z Fold 2: Triple belakang, dua lubang depan

Samsung Galaxy Fold dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera ultra lebar 16 megapiksel, lebar 12 megapiksel -kamera sudut dan kamera telefoto 12 megapiksel.

Kamera depan saat dibuka adalah kamera ganda yang terdiri dari kamera selfie 10 megapiksel dan kamera kedalaman 8 megapiksel. Ada juga kamera selfie 10 megapiksel di bagian depan perangkat saat dilipat.

Galaxy Z Fold 2 memiliki kamera utama 12 megapiksel, sensor telefoto 12 megapiksel, dan kamera ultra lebar 12 megapiksel.

Kamera depan keduanya adalah kamera lubang punch, dan keduanya adalah sensor 10 megapiksel.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Z Fold 2 menawarkan desain yang serupa tetapi jauh lebih baik dari Galaxy Fold asli, bersama dengan layar eksternal yang lebih besar, bezel yang lebih kecil, dan kamera berlubang untuk tampilan yang lebih ramping.

Engselnya juga telah didesain ulang, menjadi lebih berguna berkat kemampuan barunya di berbagai posisi dan perangkat juga lebih ramping saat dilipat, membuat perangkat terlihat jauh lebih bagus secara keseluruhan.

Perangkat keras internal telah diperbarui untuk Z Fold 2 juga – seperti halnya dengan penerus apa pun – dan pengaturan kameranya mungkin telah kehilangan beberapa megapiksel tetapi itu tidak berarti hasilnya tidak akan lebih baik.

Kami akan memperbarui fitur ini ketika kami telah meninjau Galaxy Z Fold 2 secara lengkap. Untuk saat ini, lihat fitur Samsung Galaxy Z Fold 2 kami untuk informasi lebih mendalam tentang perangkat.

Check Also

oppo 1 jutaan

7 Rekomendasi HP Oppo Dengan Harga 1 Jutaan, Kualitas Bagus

Untuk kamu yang ketidaktahuan cari HP pada harga yang dapat dijangkau tetapi kualitas bagus, tidak …